Joomla TemplatesBest Web HostingBest Joomla Hosting
Personil
Home

PENDATAAN BARANG INVENTARIS

PENDATAAN BARANG INVENTARIS DILMIL II-11 YOGYAKARTA   Pada tanggal 18 Oktober 2017 Kadilmil I...

PENGARAHAN KADILMIL (MA)

PENGARAHAN KADILMIL II-11 YOGYAKARTA   Pada kesempatan jam komandan hari Rabu tanggal 18 Oktober...

PEMBAHASAN HASIL EXSAMINASI

PEMBAHASAN HASIL EXSAMINASI PUTUSAN DILMIL II-11 YOGYAKARTA   Pada hari Senin tanggal 09 Oktober...

RAPAT KOORDINASI KEDATANGAN KETUA MARI

RAPAT KOORDINASI KUNJUNGAN KETUA MARI   Hasil rapat di Pengadilan Tinggi Yogyakarta dengan selur...

UPACARA PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA

UPACARA PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA   Pada tanggal 2 Oktober 2017 Kepala Pengadilan Milit...

  • PENDATAAN BARANG INVENTARIS

    Monday, 23 October 2017 02:52
  • PENGARAHAN KADILMIL (MA)

    Thursday, 19 October 2017 02:20
  • PEMBAHASAN HASIL EXSAMINASI

    Tuesday, 10 October 2017 04:50
  • RAPAT KOORDINASI KEDATANGAN KETUA MARI

    Tuesday, 10 October 2017 04:42
  • UPACARA PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA

    Monday, 02 October 2017 03:27
Selamat datang di website Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta

pembacaan putusan kopassus

PEMBACAAN PUTUSAN SIDANG KOPASSUS BERKAS-I

Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta kembali menggelar sidang lanjutan berkas Perkara-I atas Nama Terdakwa Pratu Hendrik Supriyadi Nrp. 31110522090691 Cs 5 orang dengan agenda pembacaan putusan oleh majelis Hakim. Sidang pembacaan putusan dimulai hari selasa tanggal 01 Maret 2016 pada pukul 11.15 Wib sampai dengan pukul 17.30 Wib bertempat di Ruang Sidang Pengadilan Militer II -11 Yogyakarta dengan majelis Hakim Letkol Syf. Nursiana, S.H.sebagai hakim ketua,  Mayor Sus Dahlan Suherlan, S.H.  dan Mayor Chk Ahmad Efendi, S.H.  masing-masing sebagai Hakim Anggota 1 dan Hakim Anggota 2, dengan Oditur Militer Letkol Chk Mukholid, SH ., MH, Letkol Chk (K) Dewi Kusumaningtyas, S.H. Mayor Sus Ismiyanto, S.H. dan Panitera Lettu Muhammad Saptari,SH, Terdakwa didampingi oleh Penasehat Hukum atas nama Mayor Chk Candra Matdung W.P., S.H  dan Kapten Chk Amintas Marpaung, S.H.

Dalam putusan majelis hakim Para Terdakwa Pratu Hendrik Supriyadi Nrp. 31110522090691 cs 5 orang terbukti secara sah dan menyakinkan bersalah melakukan tindak pidana terang-terangan dan dengan tenaga bersama menggunakan kekerasan terhadap orang jika mengakibatkan maut sebagaimana pasal 170 ayat (1) Jo ayat (2) ke-3 KUHP. Dalam putusan yang dibacakan

  1. Terdakwa 1 atas nama Pratu Hendrik Supriyadi diputus hukuman penjara 3 tahun 6 bulan dan pidana tambahan dipecat dari TNI menetapkan masa percobaan yang telah dijalani Terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan dan pidana tambahan dipecat dari TNI,
  2. Putusan hukuman yang sama juga diberikan kepada Terdakwa 2 atas nama Pratu Dedi Irawan diputus hukuman penjara 3 tahun 6 bulan dan pidana tambahan dipecat dari TNI dipotong masa tahanan.
  3. Sedangkan Terdakwa 3 Serda Azan dihukum pidana penjara selama 1,5 tahun tanpa dipecat serta dipotong masa tahanan.
  4. Terdakwa 5 dan 6 (Prada Jamaludin dan Prada Rice) dihukum 1 tahun dan tidak dipecat dan dipotong masa tahanan.

Menyikapi putusan ini, Pratu Hendrik dan Pratu Dedi yang dihukum pemecatan sebagai anggota TNI mengajukan banding.

 

jam komandan 29-02-2016

JAM KOMANDAN DILMIL II-11 YOGYAKARTA

Senin, tanggal 29 Pebruari 2016 bertempat ruang rapat Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta, Kepala Pengadilan Militer mempin jam komandan yang saat itu didampingi oleh Waka Dilmil II-11 Yogyakarta. Dalam pengarahan tersebut dihadiri seluruh anggota Pengadilan Militer II-11 Yoyakarta dan honorer. Pengarahan atau jam komandan yang rutin dilaksanakan setiap bulan sekali tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta.

Adapun yang disampaikan oleh Kadilmil pada pengarahan tersebut antara lain :

  1. Bahwa masalah kebersihan lingkungan kantor perlu ditingkatkan kembali dan untuk kebersihan tersebut jangan hanya dibebankan kepada pegawai honorer tetapi seluruh anggota harus ikut bertangung jawab atas kebersihan dan kenyamanan kantor Pengadilan militer II-11 Yogyakarta.
  2. Bahwa untuk PBB ( peraturan Baris Berbaris) perlu ditingkatkan kembali agar sikap kita sebagai TNI maupun pegawai yang bekerja dilingkungan TNI tetap terjaga dan tidak luntur.
  3. Tertib Adminitrasi harus diperhatikan dan dilaksanakan sesuai aturan, baik administrasi perkara, administrasi keuangan, administrasi personil.
  4. Minutasi berkas perkara harus di tingkatkan, dan harus tetap berjalan jangan sampai berkas perkara  ditahun yang lalu masih ada yang belum selesai minutasinya.
  5. Diperlukan Job Description agar seluruh anggota mengetahui apa yang menjadi tanggung jawab tugas dan wewenang anggota tersebut.
  6. Loyalitas anggota kepada atasannya harus dan wajib ditingkatkan demi terselesaikannya tugas yang ada di kantor Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta.
  7. Bahwa Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta untuk dapat mewakili sertifikasi ISO, oleh sebab itu kesiapan seluruh anggota sarana dan prasarana harus ditingkatkan dan diharapkan.

Hal-hal tersebut yang ditekankan oleh Kadilmil terhadap seluruh anggota. Selanjutnya Waka Dilmil menambahkan beberapa materi yang didapat dari Bintek Keterbukaan Informasi. Adapun yang disampaikan Waka Dilmil tersebut antara lain, bahwa pentingnya klasifikasi informasi, serta diwajibkan mengumumkan secara berkala agenda persidangan, selain itu hak masyarakat untuk mendapatkan informasi. Setelah Waka Dilmil selesai menyampaikan hal tersebut, Selanjutnya Kadilmil memberi kesempatan kepada seluruh anggota untuk bertanya ataupun menyampaikan segala sesuatu yang berkaitan dengan kemajuan kantor. Pengarahan yang berlangsung kurang lebih satu jam tersebut diharapkan bisa memacu kinerja seluruh anggota.

 

kegiatan olahraga 25-2-2016

OLAHRAGA BERSAMA

 

Yogyakarta, Anggota Peradilan dan Oditur Militer II-11 Yogyakarta melakukan giat olahraga yang dilaksanakan di Lapangan Voli Kantor Oditur Milite II-11 Yogyakarta. Kegiatan yang rutin dilakukan setiap hari Jumat tersebut dapat menambah keakraban antara Anggota Dilmil dan Anggota Otmil. Dalam kegitan tersebut semua Anggota baik dari Dilmil maupun Otmil sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan olahraga bersama tersebut, biasanya setelah melaksanakan olahraga bersama dilanjutkan dengan acara ramah tamah yang dilakukan di sekitar Lapangan Voli.

Disamping bisa olahraga bersama momen tersebut dapat menjadi ajang Silahturahmi.Rencananya kegiatan seperti ini akan tetap dipertahankan dan akan lebih digiatkan

Anggota Dilmil saat merayakan kemenangan.


 

SIDANG KASUS NARKOTIKA

 

SIDANG KASUS NARKOTIKA YANG DILAKUKAN OLEH ANGGOTA TNI AU

Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta, pada hari Kamis tanggal 25 Pebruari 2016 bertempat di Ruang Sidnag Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta telah menyidangkan kasus Narkotika yang dilakukan oleh salah seorang Anggota TNI AU atas nama Kopda Riyanto yang berdinas aktif di AAU. Majelis Hakim yang menyidangkan Anggota TNI tersebut adalah Mayor Laut (KH) Desman Wijaya, SH sebagai Hakim Ketua sedangkan Mayor Chk Hendri Maulan, SH dan Kapten Chk Idolohi, SH masing-masing sebagai Hakim Anggota. Sidang yang digelar pada hari ini beragendakan Pembacaan Surat Dakwaan yang dibacakan oleh Oditur Militer yaitu Mayor Chk Sugiman, SH dalam Surat Dakwaannya tersebut Oditur Militer mendakwa Kopda Riyanto dengan Pasal 127 ayat (1) huruf a UU RI No.35 tahun 2009 Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP yang dalam Pasal tersebut menjelaskan bahwa Kopda Riyanto telah bersalah mempergunakan Narkotika Golongan I bagi diri sendiri yang dilakukan secara bersama-sama. Untuk menghadapi Persidangan tersebut ternyata Kopda Riyanto didampingi oleh  dua orang Penasehat Hukum yaitu Mayor Sus M. Ali Waris , S.H., M.H dan PNS Pembina IV /A Junie Nur, S.H., M.H .

Setelah mendengarkan Pembacaan Surat Dakwaan, Penasehat Hukum Terdakwa akan mengajukan Eksepsi atas Dakwaan Oditur Militer tersebut. Karena Penasehat Hukum akan mengajukan Eksepsi maka Majelis Hakim bermusyawarah dan sepakat memberi waktu kepada Penasehat Hukum untuk menyusun Eksepsi. Sidang akan dibuka kembali pada hari Senin, tanggal 29 Februari 2016 untuk pembacaan Eksepsi oleh Penasehat Hukum. Selama Persidangan yang dilaksanakan di Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta berjalan dengan lancar.

 

SIDANG PERKARA ANGGOTA KOPASUS 25-02-2016

SIDANG LANJUTAN BERKAS-1 KOPASSUS DALAM KASUS PENGGROYOKAN ANGGOTA TNI AU

Rabu, tanggal 24 Februari 2016 di Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta menggelar Sidang lanjutan kasus pengroyokan yang dilakukan oleh Anggota Kopassus terhadap Anggota TNI-AU. Dalam Sidang lanjutan Berkas I tersebut dengan Majelis Hakim Letkol Sus Syf. Nursiana, S.H sebagai Hakim Ketua dan Mayor Sus Dahlan Suherlan, S.H dan Mayor Chk Ahmad Efendi, S.H.,M.H masing-masing sebagai Hakim Anggota-1 dan Hakim Anggota-2 beragendakan Pembacaan Duplik dari Penasehat Hukum yang pada pokoknya sebagai berikut :

Dari uraian Duplik yang kami sampaikan tersebut dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :

1. Bahwa Oditur dalam Repliknya tidak ada satu alasanpun yang membantah terhadap keberatan-keberatan yang kami sampaikan dalam Nota Pembelaan.

2. Bahwa karena Oditur tidak menyangkal atau membantah argumentasi hukum yang disampaikan oleh Tim Penasihat Hukum dalam Nota Pembelaan maka kami berkesimpulan bahwa Oditur SEPENDAPAT dengan sanggahan-sanggahan yang kami sampaikan dalam Nota Pembelaan.

3.       Bahwa karena Oditur sependapat dengan Tim Penasihat Hukum maka Dakwaan Alternatif Kesatu dan Tuntutan Tunggal oleh Oditur Militer yaitu “Barangsiapa terang-terangan dan dengan tenaga bersama menggunakan kekerasan terhadap orang atau barang jika kekerasan yang digunakan mengakibatkan mati”, sebagaimana diatur dan diancam pidana penjara dalam Pasal 170 Ayat (1) Jo Ayat (2) Ke-3 KUHP, tidak terbukti secara sah dan meyakinkan sebagaimana telah disampaikan dalam Nota Pembelaan Penasihat Hukum tertanggal 10 Februari 2016.

PERMOHONAN

Berdasarkan atas segala sesuatu yang telah kami kemukakan tersebut di atas Penasehat Hukum, mohon agar Majelis Hakim Yang Mulia berkenan untuk memutuskan sebagai berikut :

1. Menerima Nota Pembelaan (Pledoi), Duplik para Terdakwa seluruhnya;

2. Menyatakan Terdakwa-1 Pratu Hendrik Supriyadi, Terdakwa-2 Pratu Dedi Irawan, Terdakwa-3 Azan Akbar Retsalos, Terdakwa-4 Prada Jamaludin, Terdakwa-5 Rice Predo laelaem tidak terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana sebagaimana dakwaan alternatif Kesatu dan tuntutan tunggal oleh Oditur Militer;

3. Membebaskan para Terdakwa dari semua Dakwaan dan Tuntutan Oditur Militer;

4. Membebaskan para Terdakwa dari tahanan;

5. Memulihkan hak para Terdakwa dalam segala kemampuan, kedudukan serta harkat martabatnya seperti semula;

6. Membebankan biaya perkara kepada Negara.

Demikian Duplik yang disampaikan oleh Penasehat Hukum dan selajutnya Majelis Hakim menunda Sidang pada hari Selasa, tanggal 01 Maret 2016 dengan agenda pembacaa putusan .